Jumat, 23 September 2011

ENTRI DATA "SAMBUT BIOS MI-SD 2012 Lanjutan (Bagian 3)"

Pada posting BIOS bagian (2) telah kita luncurkan perangkat pendataan peserta UN 2012. Untuk selanjutnya mari kita bersama melakukan proses entri data. Maksud kami menyampaikan hal ini sejak dini untuk menghindari tingkat kesalahan yang dahulu diklaim oleh pihak terkait cukup tinggi. Meskipun sebagian kesalahan adalah karena proses konversi data oleh pihak terkait juga. Pada entri data BIOS terdahulu melalui 2 tahap, tahap pertama melalui program BIOS versi DOS, kemudian tahap kedua melalui versi Windows. Ada 2 hal pokok yang menjadi penyebab ketidaklengkapan/kesalahan pada BIOS terdahulu dan ini fakta yang kami alami langsung.

Pertama: tidak adanya petunjuk manual dan sosialisasi teknis oleh pihak berwenang seperti yang diharapkan.
Kedua: proses konversi data dan program dari BIOS versi DOS ke versi Wndows.
Untuk hal pertama semua pasti mengetahuinya. Untuk yang kedua terdapat banyak input yang berbeda pada versi DOS sebelumnya dengan hasil konversi ke versi Windows (data berubah). Contoh di Madrasah kami tidak pernah input data PEKERJAAN orang tua dengan profesi sebagai ARTIS/SENIMAN atau sejenisnya. Sak ngawur-ngawure kami tentu memilih sesuai dengan kondisi lingkungan ortu setempat. Tapi hasil konversi data di Madrasah saya ada yang terentri menjadi berprofesi tersebut.
Nah oleh karena itu secara bertahap kami mencoba bersama mempelajari dan menginput data secara santai tidak dikejar-kejar kayak maling. OK langsung saja ..... (yang merah dilewati saja/gak usah dibaca gakpa2)

A. TAHAP APERSEPSI:
1.      Siapkan komputer atau laptop yang masih dapat digunakan (tidak harus mahal, jika belum punya pinjam juga tidak masalah, masalahnya ada yang mau meminjami atau tidak…)
2.      Nyalakan komputer atau laptop sesuai dengan kebiasaan anda (bisa sambil minum kopi, kalau saya akhir-akhir ini sambil garuk-garuk kepala maklum pusing soal LPJ BOS, bukan pusing bingung buatnya, pusing mau memulai ngerjakan lagi dan pusing gak punya stempel)
3.      Setelah siap dengan program windows (saya rekomendasikan menggunakan Windows XP dengan Office 2003 ke bawah), maklum kelas menengah ke bawah, masukkan CD atau Flasdisk atau apa saja yang anda gunakan untuk mengopi master program BIOS UN yang akan dikopi ke komputer.
4.      Buka program EXPLORER dengan cara yang biasa anda gunakan. Kalau saya biasa pakai tombol di keyboard simbul window (ÿ) dan huruf E jadi sembari menekan ÿ saya tekan huruf E.
5.      Cari Folder BIOSD TAHUN 2012 langsung KOPAS (kopi paste) tempatkan di Folder/Disk yang anda tuju lalu buka seperti ini misalnya:

bersambung....

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Cara entri datanya bagaimana?

MI PSM Merak Blaru Badas mengatakan...

Ini masih sedang disusun Manual entrinya. Pada dasarnya sama dengan Tahun sebelumnya:
1. Entri Manual di BIOS
2. Import Data (untuk import data dari excel di aplikasi sudah ada keterangan singkat)

Lebih jelasnya insya Allah segera kami posting hari/malam ini.